Minggu, 28 Oktober 2012

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2012!


PERTAMA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

KEDOEA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.

Bagi kita yang hidup di jaman EYD, mungkin teks tersebut memang agak sulit dibaca. Teks di atas merupakan teks asli Sumpah Pemuda. Kalau jaman sekarang sih dibacanya:

PERTAMA
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA, MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH AIR INDONESIA.
KEDUA
KAMI PUTRA DAN PUTI INDONESIA, MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA.
KETIGA
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA, MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN, BANGSA INDONESIA.

Sebenarnya sepenting apa sih Sumpah Pemuda itu? Kok pemuda-pemudi Indonesia serempak bersumpah pada tahun 1928. ayo kita lihat flashbacknya.

28 Oktober 1928 itu adalah hari para pemuda-pemudi Indonesia menginspirasi untuk menuju Indonesia Merdeka. Nah, dalam Sumpah Pemuda itu, pemuda-pemudi Indonesia menyatakan kesatuannya, mereka semua berniat menyatakan kesatuan, tidak memandang perbedaan suku, bahasa, tempat lahir. Bisa dilihat dalam teks Sumpah Pemuda itu sendiri, semuanya menyatakan "Satu". Nah, salah satu inspirasi pemuda-pemudi tersebut, mendorong para pahlawan kita untuk terus berjuang dan akhirnya terwujudlah Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Jadi seberapa pentingkah Sumpah Pemuda itu? Jawabannya : Pentiiiiiiing!! Soalnya salah satu inspirasi yang membuat Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 itu adalah Sumpah Pemuda.

Nah sekarang bagaimana kita menyikapi Sumpah Pemuda ini? Caranya seperti yang sudah kita tahu teman-teman, kita harus tetap mempertahankan jiwa nasionalisme dan patriostisme, kita harus rajin belajar, secara umum kita harus melakukan segala hal yang bersifat positif. :D Khususnya sebagai Anggota Pramuka Indonesia, tetap teguhkan Tri Satya dan Dasa Dharma!


Akhir kata, kami Pemuda dan Pemudi CiraDyka mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda! 28 Oktober 2012!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar